Selasa, 03 Juli 2012

Cara Merawat Batrai Laptop


Selamat Sore sobat..., Helryz IT akan share Tips Cara Merawat Baterai Laptop Selama ini banyak orang yang berpendapat dengan melepas baterai itu lebih baik, karena menghemat baterai, apakah itu benar? nah cara yang benar merawat baterai laptop, dilepas atau tidak ?

 
Oke kita lihat pengalaman dari kisah nyata ini..
ada dua pendapat dari orang-orang...
  1. Ada yang berpendapat menyalakan laptop menggunakan AC power dengan keadaan batere terpasang bisa memperpendek usia batere. Jadi sebaiknya batere dicopot kalo pake AC power. 
  2. Ada juga yang berpendapat menyalakan laptop menggunakan AC power tanpa batere terpasang bisa merusak komponen-komponen elektronik laptop lebih cepat rusak karena listrik dari power supply lebih besar dari yang seharusnya diterima laptop. Jadi sebaiknya batere tetep dipasang kalo pake AC power. 
Dari kedua pendapat tersebut sebenernya ga ada yang bener atau yang salah !!! Yang ada salah satunya (baterai atau komponen dari aleman laptop) yang dikorbankan...
Nah karena adatemen saya yang suka melepas baterai saat main games atau melakukan kegiatan yg cukup memberatkan dengan melepas batrainya, dan akhirnya pada suatu hari laptopnya mati total..
dibawalah ke tempat service yg resmi, setelah di periksa yang kena mother boardnya , ganti dengan harga sekita 2 jutaan..
wow..
Belum sempet dia tanya kenapa kok laptopnya bisa kaya gitu, teknisinya malah tanya duluan kaya gini "Mas, kalo make laptop pake AC power trus baterenya dicopot ya?" dia jawab "Iya mas, kok tau?"

Trus tu teknisi ngasih penjelasan yeng pada intinya kaya gini :
  1. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi batere dicopot memang bisa mamperpanjang usia batere. 
  2. Batere laptop berfungsi sebagai stabilisator karena di dalamnya terdapat penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit) untuk mempertahankan tingkat keamanan tegangan dan arus listrik. 
  3. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi batere dicopot dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop, karena komponen2 tersebut akan menerima tegangan dan arus listrik yang berlebihan. 
  4. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi batere dicopot tetapi menggunakan stabilisator/UPS sedikit banyak juga dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop karena tegangan dan arus listrik akan langsung menuju ke komponen daleman laptop tanpa melalui penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit).
Trus si teknisi tadi ngasih saran gini :
Kalo pake make AC power mendingan baterainya tetep dipasang. Mending baterenya yang rusak, kalo ganti yang orisinil paling harganya 700 - 800ribuan. Daripada motherboard yang rusak biayanya bisa mahal banget, kalo sampe harus ganti bisa jutaan...
nah, jadi mulai dari sekarang jangan lagi lepas baterai yaaa... :) Join This Site.

2 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Baru ini nih penjelasan yg bermanfaat bagi ane, ane dah nyari sana-sini tpi ngga ada yg ngasih cara ampuh, ane mw tanya nih gan sebelum ny maaf pertanyaan ane sedikit curhat >.< ... lgsng aj y
*kemaren kan batre ane udh drop klw cas ny di lepas blom sampe 5 menit udh mati tiba" , jdi ane beli btre baru di toko harga 750 ribu kata org toko sih ori ... rencana nya sih gini klw ane main dirumah kan biasa nya ane main lama tuh bisa sampai berjam" ane make batre lama ane yg drop itu tpi main sambil cas terus jadi klw ada pemadaman listrik masi sempat shutdown ... ganti batre deh ..terus klw ane kesekolah atau bawa laptop keluar ane pake batre yang baru itu gan .... jadi pertanyaan nya :
-apa ada pengaruh nya klw masi tetap menggunakan batre yang udh drob itu?
,jika tidak ada pengaruhnya, apa tidak masalah gan klw gonta-ganti batre setiap saat ?

Posting Komentar

Recent Comments

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons